Saturday, May 14, 2011

IRGA : Industrial Relation and General Affair

Departement dalam Struktur Organisasi Perusahaan yang mengambil peran sebagai Penjaga dan Pelaku interaksi dalam bekerja dengan semangat melayani.

Melayani adalah hakikat dan gaya hidup seorang yang mengemban tugas sebagai bagian dari departemen ini. Hakikat bisa dijelaskan dalam ilustrasi berikut. Singa itu hakikatnya kuat dan mengaum. Jika ia kuat tapi mengembik dia tidak bisa disebut sebagai singa. Seorang IRGA hakikatnya melayani, maka jika ia tak mampu melayani dengan total, ia tak layak berada di departemen ini. Gaya hidup (style of life) adalah seorang pelayan yang melayani dan mengabdi total. Bukan jongos yang seluruh orientasinya melulu hanya demi menyenangkan tuannya tanpa mempedulikan nilai-nilai benar atau salah, tepat atau keliru dan jauh dari kemampuan untuk bertanggung jawab. Seorang yang mengaku IRGA melayani dengan penuh tanggung jawab, kreatif dan meski akhirnya berujung menyenangkan tuannya tapitidak luruh dengan menghalalkan berbagai cara tanpa mempedulikan benar-salah, tepat-keliru. Ia pelayan yang tahu arah yang tepat bagaimana melayani dengan benar. Maka ketekunan, kesabaran dan suka cita mesti dimiki agar ia mampu mengabdi dengan hati yang penuh suka cita.

Sebagai penjaga dan pelaku relasi dalam bekerja, IRGA mengambil peran dalam memperlancar semua departemen mencapai target pekerjaannya agar program dan schedule yang menjadi instrument dan jalan mewujudkan master plan perusahaan terwujud tidak hanya tepat waktu melainkan juga terwujud dengan tepat dan benar.

IRGA merupakan supporting unit yang tanpanya perusahaan tidak bisa berjalan dengan sempurna. Adapun zona pekerjaan yang ditangani biasanya seputar 7 hal berikut :
1. Hal Ketenagakerjaan INDUSTRIAL RELATION
2. Hal kegiatan yang berhubungan dengan Tanggung Jawab Perusahaan sebagai elemen dalam hidup bermasyarakat COMMUNITY DEVELOPMENT / CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
3. Hal Penilaian Terhadap Kinerja Karyawan PERFORMANCE MANAGEMENT
4. Hal Penghargaan Terhadap Karyawan REWARDS
5. Hal Training dan Pembelajaran untuk Karyawan LEARNING
6. Hal Mencari Tenaga Kerja Baru RECRUITMENT
7. Hal yang terkait dengan penanganan dan penemuan talenta-talenta ODTM - Organizational Development and Talent Management

mau melanjutkan ? ya, klik aja